Apakah Pramugari Tidak Boleh Bertugas Saat Hamil?

Apakah Pramugari Tidak Boleh Bertugas Saat Hamil?

Apakah Pramugari Tidak Boleh Hamil Saat Bertugas.?? Ketika hendak melamar menjadi pramugari, pasti pernah timbul pertanyaan  mendasar dalam benak Anda setelah bekerja, apakah pramugari tidak boleh hamil saat bertugas nantinya? Nah, untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, Anda bisa mencari tahu jawabannya di bawah ini secara lengkap. berikut ulasannya.

Apakah Pramugari Tidak Boleh Bertugas Saat Hamil?

Kehamilan adalah hal yang selalu dinanti-nanti oleh setiap wanita di dunia. Anak adalah anugerah terindah yang selalu dinanti-nanti kehadirannya.

Namun bagi Anda yang hendak melamar menjadi seorang pramugari dan ingin segera menikah lalu memiliki pikiran, kira-kira setelah menikah dan hamil, masihkah diperbolehkan bekerja? Jawabannya Adalah tentu saja boleh selama kandungan kehamilannya belum begitu besar.

Ya, setiap maskapai penerbangan mempunyai kebijakan serta peraturan yang berbeda-beda mengenai peraturan bagi pramugarinya yang sedang hamil.

Baca Juga : Apakah Badan Gemuk Bisa Menjadi Pramugari? Syarat Menjadi Pramugari

Ada beberapa maskapai yang memiliki ketentuan mengenai usia kehamilan seorang pramugari untuk tetap diizinkan untuk naik pesawat saat bertugas.

Pada umumnya pramugari yang sedang hamil semua diizinkan maskapai penerbangan untuk tetap bertugas. Hanya saja ada batas usia kehamilannya yaitu tidak lebih dari 8 bulan / 32 minggu.

Namun dikarenakan usia 8 bulan adalah usia yang bisa dikatakan “rawan” untuk melahirkan, maka pramugari yang usia kandungannya lebih dari 8 bulan diperbolehkan terbang apabila ia membawa sertifikat Fit to Fly.

Sertifikat Fit to Fly ini wajib dibawa oleh pramugari jika ingin tetap bertugas dan harus ditandai dengan tanda tangan oleh dokter kandungan.

Dengan adanya sertifikat yang ditanda tangani oleh dkter kandungan itu berfungsi untuk menjelaskan bahwa pramugai yang tengah hamil dalam keadaan sehat dan tidak ada riwayat keguguran. Kehamilannya pun bisa dikatakan normal dan aman dari resiko melahirkan didalam pesawat secara mendadak atau tiba-tiba.

Tugas Utama Pramugari

Tugas seorang pramugari bisa dikatakan berat dan bisa dikatakan ringan. Karena Tugas utama seorang pramugari adalah sebagai beriktu :

  1. Menyapa penumpang saat mereka naik pesawat,.
  2. Mengucapkan terima kasih saat penumpang keluar.
  3. Membantu penumpang mendapatkan tempat duduk
  4. Menyimpan barang bawaan penumpang di kabin atas kepala penumpang yang telah disediakan.
  5. Memberikan presentasi tentang prosedur keselamatan penerbangan.
  6. Memfasilitasi layanan minuman dan makanan.
  7. Menjawab pertanyaan penumpang.
  8. Menenangkan penumpang yang cemas atau kesal.
  9. Memandu penumpang ke tempat yang aman jika terjadi keadaan darurat.
  10. Memberikan bantuan pertama jika perlu.

Nah, di antara kesepuluh tugas utama pramugari, ada beberapa poin yang cukup memberatkan pramugari dalam melaksanakan tugasnya yaitu menyimpan barang bawaan penumpang di kabin atas kepala penumpang yang telah disediakan dan memberikan bantuan pertama jika perlu.

Maka sebelum benar-benar memutuskan untuk tetap bertugas saat kehamilan memasuki usia 6 bulan ke atas sebaiknya Anda perlu konsultasi dengan dokter kandungan.

Apalagi jika memiliki penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan ada riwayat melahirkan secara prematur maka perlu kembali pikirkan secara matang apakah sudah siap untuk tetap bertugas atau tidak.

Resiko Pramugari Bertugas Saat Hamil

Ada 5 resiko yang akan dialami pramugari yang sedang hamil namun tetap bertugas di pesawat terbang. Apa sajakah resiko itu.??

  1. Pembekuan darah
  2. Varises
  3. Keguguran
  4. Kelainan pada janin
  5. Oksigen dalam darah menurun

Baca Juga : Apakah Lulusan TKJ Komputer Bisa Menjadi AVSEC Bandara?

Untuk resiko keguguran dan kelainan pada janin ini perlu diwaspadai sebab resiko itu sangat rentan terjadi bagi wanita hamil yang sering naik pesawat. Perlu anda ketahui jika anda telah menjadi seorang pramugari biasanya suami anda pasti tidak mengizinkan untuk anda bertugas sebagai pramugari.

Karena bisa dipastikan untuk suami seorang pramugari adalah suami-suami yang mempunya penghasilan yang tinggi, misalnya seperti pilot, polisi, atau profesi lainya yang berkelas yang setara dengan seorang pramugari.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Apakah Pramugari Tidak Boleh Bertugas Saat Hamil? Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
<span>%d</span> blogger menyukai ini: